Renstra dan Struktur Organisasi Puslitbang HAKI

Perhatikan:

  1. Dokumen Renstra selengkapnya
  2. Gambar berikut ang

Gambar ini melambangkan renstra yang akan dijalankan Puslitbang HAKI. Unila melalui Lembaga Penelitian, kini LPPM akan berinteraksi dengan Pemda dan Swasta. Sebentar lagi hal ini ditindaklanjuti dengan FGD Komunitas HAKI Lampung dalam rangka “Asosiasi Sentra Kekayaan Intelektual Lampung” yang mendukung “Asosiasi Sentra Kekayaan Intelektual Indonesia”. Manajemen SHKI kini Puslitbang HAKI tetap diawaki dua orang dosen yaitu Ketua, Raden Arum Setia Priadi, S.Si., M.T. dan Sekretaris, Meizano Ardhi Muhammad, S.T., M.T.

Level di bawahnya adalah gambaran Sistem HKI Fakultas yang akan dibangun dimulai dari Sistem HKI FT yang fokus pada tekno & lisensi dalam terma Pusat Keteknikan. Dilanjutkan Sistem HKI FEB yang fokus pada adm & keu, Sistem HKI FH yang fokus pada hukum & promosi, serta Sistem HKI Fisip yang fokus pada humas dan R&D.

BIDANG TEKNO DAN LISENSI

Sistem HKI Fakultas Teknik akan fokus pada tekno (standarisasi) & lisensi (program). Maknanya adalah pengelolanya akan memberikan layanan keteknikan dalam bentuk knowledge (pengetahuan –> dikominfo) mau pun technopark (“kebun” teknik –> menghasilkan panen produk) serta skema IBIKK (Inovasi Kreativitas Kampus). Sistem HKI Fakultas MIPA akan memperkuat sistem ini dengan skema Penelitian Fundamental. Sistem HKI Fakultas Pertanian akan memperkuat sistem ini dengan skema RAPID.

BIDANG KEUANGAN DAN UMUM

Sistem HKI FEB akan fokus pada keu dan general (adm & mart). Maknanya adalah pengelolanya akan memberikan layanan bisnis dan ekonomi dalam bentuk manajemen tata kelola serta skema IBK (Kewirausahaan). Sistem HKI FKIP akan memperkuat sistem ini dengan skema IBW PT Pemda CSR.

BIDANG HUKUM DAN PROMOSI

Sistem HKI FH akan fokus pada hukum (evaluasi) & promosi. Maknanya adalah pengelolanya akan memberikan layanan hukum dan promosi yang dalam koridor hukum dalam arti apa yang dipublikasikan tidak melanggar hukum yang berlaku. Skema yang dipakai adalah penelitian unggulan perguruan tinggi.

BIDANG HUMAS DAN LITBANG

Sistem HKI Fisip akan fokus pada humas (kerja sama –> dikersa) dan R&D (research, development). Maknanya adalah pengelolanya akan memberikan layanan kehumasan atau public relation terkait riset dan pengembangan. Skema yang dipakai adalah Penelitian Kompetensi. Sistem HKI Fakultas Kedokteran akan memperkuat sistem ini dengan skema program HI Link.

Setelah semua skema di atas, sisa skema yang mungkin dalam PPM akan ditempuh dalam rangka pendekatan menyeluruh terhadap tantangan penanganan HAKI masa depan atau total approach. Jika semua Sistem HKI Fakultas terbangun maka semua itu bisa mendukung kinerja Puslitbang HAKI dalam rangka aktif dalam Komunitas HAKI Lampung. Ini penting agar Puslitbang HAKI mempunyai daya tawar dalam kegiatan Ditjen HKI, kegiatan ASEAN ASPEC, kegiatan WIPO, kegiatan APEC IPEG dan kegiatan WTO TRIPS.

Tinggalkan Balasan