Renc-APB-1

PERDANA 17 Mei 2015 – Mulai hari ini diuraikan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Puslitbang HAKI terdiri atas dua kelompok yaitu Kegiatan tingkat Universitas dengan penanggung jawab Ketua Puslitbang (diserahkan kepada Ketua LPPM) dan Kegiatan tingkat Fakultas dengan penanggung jawab Pengelola Sistem HKI Fakultas (diserahkan kepada Dekan Fakultas) dengan supervisi oleh Ketua Puslitbang HAKI.

Di level universitas, disusun rencana, program, dan anggaran di awal kerja sama dengan Kabiro Perencanaan, Pengendalian, dan Kerja Sama (Drs. Mardi Sahferi, M.M., jabatannya akan berubah menjadi Kabiro Perencanaan dan Hubungan Masyarakat) –> Ada SBK Sub Keluaran PERENCANAAN.

Setelah rencana disepakati, disusun detil anggaran, perbendaharaan, akuntansi, dan laporan keuangan bersama Kabiro Umum dan Keuangan (A. Bustami, S.H., M.H., jabatannya akan berubah menjadi Kabiro Keuangan dan Umum).

Monitoring & evaluasi pelaksanaan rencana, program, dan anggaran (kembali) bersama Biro Perencanaan dan Hubungan Masyarakat khususnya Subbag Evaluasi Pelaksanaan Program dan Anggaran –> Ada SBK Sub Keluaran PEMERIKSAAN.

Oleh Puslitbang HAKI, data dan informasinya dituangkan dalam Realisasi APB (Anggaran Pendapatan dan Belanja).

Setelah urusan dengan para kabiro dan jajarannya selesai, proses berikutnya dengan jajaran di LPPM yaitu dengan Bagian Tata Usaha Subbag Program dan Informasi yaitu urusan rencana, program, kegiatan, dan anggaran, PULAHTA INFO PPM serta HKI. Tindakan selanjutnya diserahkan kepada Ketua LPPM untuk berhubungan dengan Warek Bidang Akademik.

Urusan di level fakultas diuraikan di posting RENCAPB-2. Insya Allah. Selain anggaran negara, Puslitbang HAKI mengusahakan komersialisasi HKI, anggaran daerah, fund raising event (donatur). Simak diagram berikut ini, ada perbaikan sedikit pada contents dari tiga garis ke bawah, berturut-turut dari kiri ke kanan menjadi: 1] Kerja sama proposal pengabdian, bisnis; 2] Kerja sama proposal penelitian; 3]  Kerja sama proposal pendidikan pengajaran.

PD1_FT_SisHKIFak_web