Menyambut Hari Kekayaan Intelektual Sedunia: Nota Kesepahaman (MoU) Universitas Lampung dan Kanwil Kumham Lampung

Senin, 17 April 2017, Puslitbang HAKI LPPM Unila dikunjungi oleh Kanwil Kumham Lampung yang diwakili tiga orang, diantaranya Bapak Novirianto dan Bapak Gunawan. Tujuan kunjungan tersebut terkait dengan Nota Kesepahaman (MoU) antara Universitas Lampung dengan Kanwil Kumham Lampung untuk kerjasama antara lembaga. Penandatanganan Nota Kesepahamaan (MoU) dilaksanakan pada tanggal 26 April 2017 di Kantor Wilayah Kumham Lampung sebagai agenda utama dalam acara Hari Kekayaan Intelektual Sedunia.

Dasar kegiatan adalah Surat Direktur Kerjasama & Pemberdayaan KI No. HKI.5.HM.01.02-186 tgl 24 Feb 2017 perihal Peringatan Hari Kekayaan Intelektual se-Dunia tahun 2017 (World IP Day 2017).

Puslitbang HAKI LPPM Unila, sebagai penggiat KI di Universitas Lampung pada khususnya dan Lampung pada umumnya, hadir dalam acara untuk:

  1. Ikut aktif mendukung program World Intellectual Property Organization (WIPO) dan negara-negara anggota termasuk Indonesia. Fokus Puslitbang HAKI LPPM Unila adalah pada program TISC;
  2. Menumbuhkan kesadaran serta pemahaman masyarakat mengenai perananan dan kontribusi Kekayaan Intelektual (KI) dalam perekonomian, kebudayaan, dan kemajuan masyarakat di Indonesia pada umumnya, dan di Provinsi Lampung pada khususnya guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena KI juga mempunyai nilai ekonomis; Puslitbang HAKI fokus pada perekonomian kampus dengan komersialisasi KI, budaya HAKI, dan kemajuan masyarakat kampus khususnya para inventor.

INNOVATION – IMPROVING LIVES sebagai tema kegiatan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia sejalan dengan maksud Puslitbang HAKI LPPM Unila yaitu dengan inovasi dapat meningkatkan kualitas hidup civitas kampus dalam menjalankan tri dharma perguruan tinggi.

Dalam agenda acara, ANUGERAH KEKAYAAN INTELEKTUAL akan diberikan kepada:

  1. Gubernur Lampung, Pembina Masyarakat Indikasi Geografis (MIG) Kopi Robusta Lampung sebagai PENGGIAT INDIKASI GEOGRAFIS PROVINSI LAMPUNG;
  2. Gubernur Lampung, Pembina Masyarakat Indikasi Geografis (MIG) Lada Hitam Lampung sebagai PENGGIAT INDIKASI GEOGRAFIS PROVINSI LAMPUNG;
  3. Apriliani Yustin Ficardo, sebagai TOKOH DAN PENGGIAT KEKAYAAN INTELEKTUAL PROVINSI LAMPUNG;
  4. Penyerahan Sertifikat Pencatatan Hak Cipta kepada Bapak Ridwan (buku berjudul PERILAKU WISATAWAN).

Terkait INDIKASI GEOGRAFIS, Universitas Lampung memiliki ahlinya yaitu Dr. Wahyu Sasongko, S.H., M.H. dengan disertasi Indikasi Geografis Studi tentang Kesiapan Indonesia Memberikan Perlindungan Hukum terhadap Produk Nasional.

Terkait PENGGIAT KEKAYAAN INTELEKTUAL, Universitas Lampung memiliki Puslitbang HAKI LPPM Unila.

Terkait HAK CIPTA, Universitas Lampung memiliki pencipta tari yaitu Dr. I Wayan Mustika, M.Hum. untuk karya TARI KEMBANG MELINTING.

Tinggalkan Balasan