Layanan HAKI bagi Inventor

Judul awalnya adalah Pengelolaan /Pengurusan HAKI Bagi Inventor dengan durasi pelaksanaan mulai 1 Nov hingga 31 Des 2016. Kegiatan dilanjutkan bekerja sama dengan garda terdepan kampus yaitu Pengurus Program Studi sebagai home base dari tiap inventor.

Kegiatan Layanan HAKI bagi Inventor diawali dengan Proyek Sosialisasi HKI /Patent Drafting Training /Workshop yang dikelola Sistem HKI Fakultas didukung oleh perwakilan jurusan (dikominfo dan dikersa). Selanjutnya para inventor dihimpun dalam komunitas Inventor Inovator Universitas Lampung. Untuk itu dibutuhkan partisipasi mentor paten /KI pada umumnya.

Contoh uraian belanja kegiatan-kegiatannya terdiri atas:

a) Belanja persiapan termasuk mencari nara sumber di dalam dan luar Unila (mentor KI, pemeriksa, dll), sekali gus mengikuti Workshop LIPI di Bogor [dilaksanakan oleh Sekretaris Puslitbang HAKI –> gagal);

b) Belanja kegiatan pengurusan HAKI mulai dari rakorja menghasilkan KKI (Kebijakan Kekayaan Intelektual) –> digabung rapat puslitbang, pendaftaran, pemeliharaan, hingga komersialisasi bersama para inventor. Kurang afdol jika kita mengikuti rakornas & diklatnas sedangkan rakorja, rapat puslitbang belum terselenggara.

Anugerah insentif paten tahunan bagi 10 judul. Kegiatan ini adalah bagian dari Proyek Pendaftaran HKI atas nama Universitas Lampung (Hak Cipta, Merek, Paten, dll) plus sivitas akademiknya. Mengiringi hal ini adalah pelayanan KLINIK HAKI. Analog dengan kegiatan pelayanan kesehatan, di sini adalah pelayanan HAKI yang melakukan terapi kepada stake holder-nya terutama para inventor. Klinik tersebut dikelola oleh YAYASAN yang juga menghimpun dana publik untuk meminjamkan dana talangan terhadap intellectual property stake holder.

Urusan Mentor KI ada di dua URL sbb

Pertama: http://bangka.tribunnews.com/2018/03/19/hak-paten-dan-kekayaan-intelektualtolok-ukur-kemajuan-bangsa

Kedua: http://ubb.ac.id/2018/03/19/hak-paten-dan-kekayaan-intelektual-tolok-ukur-kemajuan-bangsa

Dibutuhkan Mentor KI terkait urusan kerja sama dengan DJKI terutama yang terkait TISC. Dari WAG Kekayaan Intelektual diusulkan nama ibu @Suzy.