Audit Kinerja “PUSAT”

Berkaitan dengan surat undangan dari LP3M, terjadi pembahasan tentang AUDIT KINERJA PUSAT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN di mana borang audit-nya dibahas dalam FGD tersebut, diacu indikator pemeringkatan kemenristekdikti yang terdiri atas empat aspek penilaian yaitu:

1) PERENCANAAN

2) PELAKSANAAN

3) PENGENDALIAN

4) PENYEMPURNAAN

Diskusi berlangsung hangat karena disparitasnya sangat lebar karena ada Pus(litbang) sangat senior yaitu Puslitbang Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup hingga Puslitbang sangat yunior yaitu Pusat Penerbitan dan Publikasi Ilmiah. Walau pun proses manajemen-nya sama sebagai mana tertera empat di atas, tidak bisa dibandingkan apple to apple satu puslitbang dengan puslitbang lainnya karena bidang garap yang berbeda jauh, target dari pimpinan kampus yang berbeda, dan berbedanya komposisi dari aspek manajemen puslitbang termasuk renstra.

Perbandingan yang layak adalah mengukur puslitbang sejenis dari kampus yang berbeda. Misalnya Puslitbang Inkubator Bisnis Universitas Lampung dengan Pengembangan Usaha dan Inkubasi UGM. Puslitbang ini mendapat target yang berat dari pimpinan kampus disertai pendanaan yang cukup sehingga bisa mempelajari PUI UGM dari dekat. Dengan analogi yang sama, Puslitbang HAKI sebaiknya diukur dan dibandingkan dengan puslitbang sejenis dari beberapa kampus lainnya, benchmark misalnya dengan haki kampus terbaik di Institut Pertanian Bogor atau mantan haki kampus terbaik di Universitas Brawijaya.

Tinggalkan Balasan