Undangan Sekda Pemkab Pesawaran

Wujud suratnya

Undangan ini tidak dihadiri karena Puslitbang HAKI tidak tercantum dalam daftar undangan yang menjadi lampiran surat itu. Meski pun begitu dibuat risalah ringkas kaitan SDGs dan IP(R) sehingga menjadi landasan untuk memasukkan kami dalam daftar itu lebih awal. Anggap saja sebagai online platform terkait Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, kerja sama OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dengan Puslitbang HAKI, khususnya dalam proses perencanaan, penganggaran, dan monitoring pembangunan.

Peraturan Presiden Nomor 59 /2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, mengatur secara lengkap dalam lampiran PELAKSANAAN PENCAPAIAN Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, khususnya di bagian VIII. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, kesempatan kerja yang produktif dan menyeluruh, serta pekerjaan yang layak untuk semua.

SASARAN GLOBAL butir 2 yaitu Mencapai tingkat produktivitas ekonomi yang lebih tinggi, melalui diversifikasi, peningkatan dan inovasi teknologi, termasuk melalui fokus pada sektor yang memberi  nilai tambah tinggi dan padat karya.

Peran Puslitbang HAKI adalah mengusahakan perlindungan terhadap INOVASI TEKNOLOGI oleh para inventor dalam bentuk PATEN yang tentu didahului penelitian yang menghasilkan karya tulis yang dilindungi dalam bentuk HAK CIPTA. Setelah difabrikasi, DESAIN INDUSTRI pun didaftarkan perlindungan hukumnya. Hasil manufaktur dipasarkan dengan MEREK yang mempunyai perlindungan hukum juga. Perdagangan produksi pabri tersebut dilindungi juga RAHASIA DAGANG-nya. Jika inovasi teknologi itu berwujud rangkaian elektronik, maka dilindungi juga DTLST (Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu)-nya. Terakhir, dilindungi juga INDIKASI GEOGRAFIS yaitu suatu tanda yang menunjukkan daerah asal suatu barang dan /atau produk yang karena faktor lingkungan geografis termasuk faktor alam, faktor manusia, atau kombinasi dari kedua faktor tersebut, memberikan reputasi dan kualitas, dan karakteristik terntentu pada barang dan/atau produk yang dihasilkan, misalnya KOPI LAMPUNG, DAMAR LAMPUNG, LADA LAMPUNG, TAPIS LAMPUNG, LEMPOK LAMPUNG, KEMPLANG LAMPUNG, SIGER LAMPUNG.

SASARAN GLOBAL 3. Menggalakkan kebijakan pembangunan yang mendukung kegiatan produktif, penciptaan lapangan kerja layak, kewirausahaan, kreativitas dan inovasi, dan mendorong formalisasi dan pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah, termasuk melalui akses terhadap jasa keuangan.

Puslitbang HAKI mengusahakan perlindungan hukum terhadap KREATIVITAS dan INOVASI agar para inovator dan inventor tidak dirugikan dan bermasalah secara hukum. Jika pemda tidak melibatkan PUSLITBANG HAKI berarti tidak peduli terhadap nasib dan kepentingan para inovator dan inventor.

lanjut

Tinggalkan Balasan