Sosialisasi /Marketing

Increase awareness on IP and contribute to economic growth in the country –> under construction.

Di 2017 dan tahun-tahun yang akan datang diadakan sosialisasi ke tiap fakultas yang ada dengan pilihan lokasi kegiatan di fakultas atau di Ruang Sidang LPPM. Tim LPPM terdiri atas Ketua dan /atau Sekretaris LPPM plus manajemen Puslitbang HAKI. Insya Allah, akan dimulai pada minggu kedua bulan Oktober 2017.

Di samping merencanakan proyek sosialisasi sendiri, Puslitbang HAKI dan stake holder-nya juga menjadi peserta berbagai sosialisasi misalnya tentang: 1) Peraturan Menteri Keuangan; 2) Kebijakan Rencana Induk Riset Nasional dan Agenda Riset Nasional. Proyek Sosialisasi HKI /Patent Drafting Training /Workshop sebaiknya dikelola Sistem HKI Fakultas plus jurusan. Puslitbang HAKI fokus pada fungsi penelitian dan pengembangan serta mem-back up semua Pengelola Sistem HKI Fakultas. Para pemangku kepentingan dipersilakan menyimak dokumen-dokumen sosialisasi di URL http://haki.unila.ac.id/sosialisasi/

Sosialisasi paling efektif melalui pendidikan dan latihan dasar hak atas kekayaan intelektual bagi semua pemangku kepentingan yang akan diadakan setiap tahun. Sedang dibangun sarana pembelajaran online di URL https://www.openlearning.com/courses/haki. Dari Buku Panduan Penelitian dan Pengabdian Edisi X 2016 lembar 425, Bab 24 IPTEK Bagi Kreativitas dan Inovasi Kampus, halaman 403, berkaitan dengan upaya pengembangan BUDAYA EKONOMI berbasis PENGETAHUAN (knowledge based economy), perguruan tinggi melalui upaya LPPM c.q. HAKI sebaiknya membangun knowledge and technopark dengan perintisannya yaitu virtual technopark dalam rangka memanfaatkan pengetahuan, pendidikan, mau pun hasil riset dosen.

Dengan upaya ini perguruan tinggi berpeluang memperoleh pendapatan dan membantu menciptakan wirausaha baru melalui SPV, special purpose vehicle corporation untuk komersialisasi (dirintis melalui Puslitbang Inkubator Bisnis) dan SSO, supporting system organization untuk hilirisasi produk inovasi (hal ini bisa diperankan oleh Peer Group Organizer yang memayungi para inventor).

SSO yang utama adalah KLINIK HAKI (direncanakan kerja bareng Puslitbang HAKI diawali dengan Sistem HKI FK). Klinik ini idealnya bekerja sama terutama dengan Fakultas Teknik /MIPA /Pertanian plus Fakultas Hukum. Para pemegang HAKI akan dihimpun sebagai motivator dengan testimoninya bekerja bersama para konsultan HAKI dalam rangka memberikan terapi kepada para pasiennya agar bisa menjadi pemegang HAKI di kemudian hari.

Hasil riset perguruan tinggi –> inovasi (baru),

  1. Mempunyai nilai ekonomis –> komersialisasi,
  2. Mendapat perlindungan HKI –> hak cipta, paten,

Merupakan ASET yang sangat berharga bagi PERTUMBUHAN dn PERKEMBANGAN IbKIK. Dengan skema ini diharapkan perguruan tinggi mampu menghasilkan produk JASA dan /atau TEKNOLOGI hasil ciptaan sendiri. Wujud IbIKK di perguruan tinggi dapat berupa unit-unit usaha yang dikategorikan SPV, dengan spesialisasi sebagai

a) Pusat produksi, pusat pelatihan, pusat perbaikan dan pemeliharaan –> di laboratorium, bengkel, kebun (percobaan), dll. Simak Peraturan Akademik 2013 bab 1 pasal 1.

b) Pusat desain –> studio, dll. Di sini studio bisa dalam bentuk laboratorium, tempat praktik mahasiswa dengan peralatan memadai sesuai dengan bidang studi masing-masing –>

http://birohmah.unila.ac.id/upt-dan-sarana-umum-unila/

http://rancangsae.com/index.php/2017/01/14/re-desain-gedung-perkuliahan-universitas-lampung-unila/

http://www.galacara.com/logo-pjk-univlampung/

c) Pusat konsultasi –> inkubator bisnis di level jurusan atau fakultas, misalnya lembaga bantuan keteknikan, lembaga bantuan hukum, dll simak di http://haki.unila.ac.id/indek.htm

d) Pusat penelitian dan pengembangan, simak di http://haki.unila.ac.id/?page_id=266

e) Pusat perawatan kesehatan –> RSP (Rumah Sakit Pendidikan) Unila, simak info berikut,

https://www.unila.ac.id/unila-teruskan-pembangunan-rumah-sakit-pendidikan/?upm_export=print

http://fk.unila.ac.id/percepatan-rumah-sakit-pendidikan-fakultas-kedokteran-universitas-lampung/

MARKETING /KOMERSIALISASI

Bagian dari sosialisasi adalah komersialisasi dan pemasaran teknologi yang terkandung dalam paten yang dikelola, khususnya oleh SPV Utama yang menjadi holding company dari semua usaha sejenis untuk seluruh kekayaan intelektual itu.

Tinggalkan Balasan