Kedaulatan Pangan

Fokus mulai dari desa dibangun kedaulatan pangan melalui pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi, pengelolaan kekayaan intelektual terkait terutama dilakukan oleh Sistem HKI Fakultas Pertanian. Bidang ini dimintakan pengawalannya oleh Puslitbang Gizi, Kesehatan, dan Herbal (Puslitbang2) dibantu oleh Puslitbang Biodiversitas Tropika (Puslitbang7). Bisa dianggap sesuai Prioritas Riset Nasional 2015-2019, turunan teknis dari RIRN 2015-2045 untuk bidang fokus meliputi kemandirian pangan.

DAFTAR IDENTIFIKASI POTENSI KEKAYAAN INTELEKTUAL

Syarat: Berasal dari lembaga induk (Universitas Lampung) dan lingkungan wilayah kerja sekitarnya (Provinsi Lampung), siap diurus aplikasi kekayaan intelektual dan diduga kuat memiliki potensi untuk dijual /dikomersialisasikan. Daftar identifikasi ini akan disahkan oleh pimpinan lembaga induk dan penemu /inventor-nya. Berikut ini produk-produk yang ditawarkan kepada konsumen /customer untuk dimanfaatkan dalam berbagai moda perjanjian.

50 PEKON SYSTEM HAK CIPTA DIKI THANTAWI DKK 2385 EC00201701475
FISIP Program Komputer 24/05/2017

Hak Cipta – Diki Thantawi dkk – PEKON SISTEM (No. EC00201701475, tanggal 24/05/2017) – Program yang mengatur sistem informasi dan monitoring desa yang terintegrasi antara provinsi hingga desa yang memuat data kependudukan, aset-aset, administrasi desa, produk hukum, data pembangunan, serta layanan publik desa.

 

INDUSTRI KEMASAN

1 – Paten – Zulferiyenni dkk – PENGEMASAN BERATMOSFER-TERMODIFIKASI BUAH DUKU DENGAN APLIKASI CHITOSAN (2008-12-18). Inovasi ini lebih ramah lingkungan –> Puslitbang2.

2 – Paten –

Dr. Ari Yuniastuti, S.Pt., M.Kes, dkk –
METODE UNTUK MEMPERPANJANG MASA SIMPAN BUAH PISANG “CAVENDISH” DENGAN 1-METILSIKLOPROPAN (1-MCP) DAN PELAPIS KITOSAN DALAM SUHU DINGIN (2015-11-19).

 

INDUSTRI PAKAN

3 – Paten ID P0033269 – Mukhtarudin dkk – PROSES PEMBUATAN MINERAL MIKRO ORGANIK UNTUK PAKAN TERNAK (No. P00200700092, tanggal 2007-02-28). Inovasi ini untuk peningkatan gizi ternak –> Puslitbang5.

4 – Paten – Tintin Kurtini dkk –

FORMULASI PAKAN AYAM DENGAN MENGGUNAKAN ZEOLIT UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS TELUR (gagal didaftarkan ke DJKI)

Inovasi ini untuk meningkatkan kualitas pakan ayam sehingga berakibat ayam lebih sehat dan besar serta telur lebih baik.

5 – ??? – Kusuma Adhianto –

Mikro Mineral Pakan, formulasi pakan ruminansia berbasis limbah sawit (belum jelas kapan?)

 

INDUSTRI PUPUK

6 – Paten – Bambang Irawan –

KOMPOSISI MIKRO-FUNGI U/ MENDEGRADASI LIGNOSELULOSA & METODE MEN-DPT-KAN KOMPOSISI TSB (2008 – 07 – 23) JUDUL LAIN: METODE PEMBUATAN AGEN PENGINDUKSI DEKOMPOSISI DARI MIKRO SAPROTROF TANAH UNTUK KESUBURAN TANAH.

Inovasi ini untuk meningkatkan kesuburan tanah, jika dijadikan lahan pertanian maka bisa meningkatkan produksi pangan –> Puslitbang3.

7 – Paten –

Ainin Niswati, Sri Yusnaini, Sarno
FORMULASI PUPUK FOSFAT DARI BATUAN FOSFAT DAN LIMBAH CAIR AGRO-INDUSTRI

 

INDUSTRI PESTISIDA /INSEKTISIDA

8 – Paten – Syaiful Bahri, dkk –

IDENTIFIKASI SENYAWA ALKALOID DAN TERPENOID DARI BUAH LADA (PIPER NIGRUM LINN) DAN UJI AKTIVITASNYA SEBAGAI INSEKTISIDA BOTANI TERHADAP HAMA KUBIS-KUBISAN (PLUTELLA XYLOSTELLA) [tidak jelas kapan?]

9 – Paten – Nismah Nukmal –

EKSTRAK SERBUK DAUN GAMAL (GLIRICIDI AMACULATA Hbr) SEBAGAI INSEKTISIDA NABATI

Inovasi ini untuk menjaga kelestarian lingkungan sekitar dan keselamatan manusia.

10 – Paten – Subeki –

BRUSEIN-C DARI BUAH MAKASAR (BRUCEA JAVANICA) SEBAGAI BAHAN AKTIF INSEKTISIDA ALAMI HAMA WALANG SANGIT DAN WERENG COKLAT

11 – Paten – Subeki, Muhartono –

PROSES PEMBUATAN BERAS SIGER DARI UBI KAYU (MANIHOT ESCULENTA) SEBAGAI MAKANAN BAGI PENDERITA DIABETES (2017)

12 – Paten – Subeki dkk –

PROSES PEMBUATAN MINYAK BUAH MAKASAR (BRUCEA JAVANICA (L) MERR) SEBAGAI FEED ADDITIVE (2012).

 

SELANJUTNYA

Tinggalkan Balasan